Aki ialah elemen yang bertanggungjawab untuk menaruh daya listrik pada mobil. Daya yang ada nanti akan dipakai untuk hidupkan elemen lain yang memerlukan listrik seperti lampu, audio serta video, AC, sampai yang sangat penting yakni menstarter mobil.

Waktu mobil susah untuk distarter, karena itu pengendara condong menyangka jika berlangsung permasalahan pada aki. Tetapi nyatanya, mobil yang susah dihidupkan tidak selamanya dikarenakan oleh aki yang memiliki masalah.

Dikutip Gardaoto, ada banyak sumber permasalahan tidak hanya aki yang bisa membuat mobil susah distarter. Berikut uraiannya:

1. Sulit Distarter Sebab Permasalahan Busi

Busi adalah elemen yang ada pada skema starter mobil. Busi yang memiliki masalah dapat berefek pada starter yang susah menyala. Persoalan pada busi dapat dikarenakan keadaan yang kotor atau ada kehancuran.

Daihatsu Indonesia Yakinkan Type Mobil Mereka di Masa Listrik

Jika kotor, karena itu busi dapat dibikin bersih dengan digosok memakai pembersih. Tetapi, bila permasalahan dikarenakan busi yang telah kedaluwarsa atau rusak karena itu lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Dinamo Ampere Rusak

Kehancuran pada dinamo ampere yang berperan menyalurkan listrik ke aki dapat mengakibatkan mobil susah dinyalakan. Elemen ini biasanya jarang-jarang alami kehancuran. Tetapi masalag seringkali didapati pada mobil berumur delapan tahun ke atas.

Koil Terlalu Panas

Koil mempunyai manfaat untuk melipatgandakan tegangan listrik yang semakin besar ke aki. Arus listrik itu lalu akan mengalir ke busi serta memunculkan percikan api. Salah satunya ciri koil memiliki masalah ialah suhu yang terlalu panas. Jika mobil susah dinyalakan, bisa saja koil tidak ada dalam keadaan yang baik.

Kehancuran pada Water Temperature Sensor

Water temperature Sensor ialah sensor yang ada di skema starter. Permasalahan pada sensor ini bisa mengakibatkan skema injeksi terusik yang berefek pada kesusahan untuk menyalakan mobil.

One thought on “Bukan Aki, Ini Penyebab Mobil Susah Distarter”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *