Dirumorkan Setop Produksi, Datsun Masih Tercatat di Gaikindo

Pengakuan Datsun keluar dari Kementrian Perindustrian sampai sekarang belum jelas kepastiannya. Nissan yang memayungi Datsun di Indonesia sendiri tidak ingin mengkonfirmasi pengakuan dari Kemenperin.  Selain itu Gaikindo memberi opini lain mengenai status Datsun di Indonesia. Datsun sendiri masih tertera jadi anggota dari asosiasi industri mobil Indonesia itu. “Datsun sisi dari Nissan, masih (anggota), kan ia hentikan produksi. Ia cuma hentikan produksi saja,” kata Sekretaris Umym Gaikindo, Kokoh Kumara di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Dia menjelaskan bisa Datsun akan beraktivitas pabrik dengan penyegaran posisi produksinya. Kokoh memperjelas juga jika pabrik Datsun masih ada, cuma berhenti bekerja sekarang. “Siapa tahu ada dengan produk baru, kan. Tidak produksi itu kan pabriknya masih ada bukan bermakna pabrik hilang,” imbuhnya.

Baca juga : Inggris serta Uni Eropa Belum Setuju Masalah Perdagangan

Berita Datsun menyetop produksi mobil di Indonesia dikatakan oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, serta Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, waktu lalu. Dia menjelaskan menurut info yang dia terima Datsun akan menyetop produksi mobil di Indonesia. Beritanya, PT Nissan Motor Indonesia jadi induk perusahaan Datsun di Indonesia akan mengubah taktik usaha. “Info sesaat yang kami terima, Nissan akan mengubah taktik bisnisnya di Indonesia sesuai arah perubahan pasar otomotif di Indonesia,” kata Putu pada detikcom, Senin (25/11/2019) kemarin. “Nissan akan hentikan produksi Datsun Go serta Datsun Go+ pada Januari 2020 karena rasio penjualan di bawah rasio ekonomi,” ucapnya.