Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menginformasikan Xpander akan dibuat di Vietnam pada 2020. Langkah ini dikerjakan mengejar kesuksesan penjualan Xpander sepanjang tahun fiskal 2018 disana. Ada pertama kali di Vietnam pada Oktober 2018, Mitsubishi Motors Vietnam Co.,Ltd (MMV) sukses jual Xpander rakitan Indonesia sekitar 14.000 pada tahun fiskal 2018. Angka itu bertambah 2x lipat dibanding tahun awalnya. Chairman MMC Osamu Masuko menjelaskan, hal itu akan jadi rintangan baru yang selalu bertumbuh. Dia menginginkan pasar otomotif Vietnam terus bertumbuh serta kukuhkan hasil positif, sambil memfasilitasinya.

Bidang ekonomi juga pasti alami perubahan, terutamanya dalam soal tenaga kerja, peningkatan sdm, investasi dan transfer tehnologi. “Kami akan berupaya untuk usaha baru ini di Vietnam, yakni menghasilkan mobil berkualitas tinggi serta memberi kepuasan semakin banyak konsumen setia di Vietnam,” katanya seperti dikutip dari situs sah MMC, Senin (7/10/2019). Mengenai, Mitsubishi Xpander pertama-tama dibuat di Indonesia tahun 2017 serta memperoleh penerimaan positif di negeri. Dalam tempo dua tahun, mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) itu telah laris 130.000 unit.

Baca juga : Gunakan Mobil Listrik, Polisi Kehabisan Baterei Waktu Kejar Penjahat

Selanjutnya, Xpander sukses jadi produk export terhitung ke Vietnam. Sampai sekarang (Januari-Juli 2019), tertera telah ada 8.318 unit yang dikapalkan kesana. “Perubahan export Mitsubishi ke Vietnam benar-benar baik tahun ini, serta menaklukkan Toyota (5.272 unit dalam periode yang sama),” tutur Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, serta Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian waktu terlibat perbincangan dengan Kompas.com waktu lalu. Dengan mulai diproduksinya Xpander di Vietnam, karena itu export Mitsubishi ke negara tetangga itu pasti akan hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *